Cara agar Batu Akik mengkilap - Batu Akik Bacan

Cara proses batu bacan agar cepat mengkristal secara alami secara sempurna dan mengkilap. Kami mencontohkan batu Bacan karena batu ini pencintanya sangat banyak, tetapi Cara atau Tips ini bisa digunakan untuk jenis batu Akik yang lain. Batu akik yang mengkilap dan mengkristal merupakan ciri batu bacan berkualiatas sehingga harganya bisa sangat mahal. Namun untuk membeli bacan yang sudah kristal dengan sempurna tentu harus mengeluarkan Pendanaan cukup besar. Sehingga banyak Kolektor atau Pecinta Akik batu bacan lebih memulih batu yang muda kemudian di proses agar menjadi kristal alami.

Baca juga: Mitos Khasiat Batu Mulia Batu Akik Pirus

Dengan demikian mereka dapat memiliki batu berkualitas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasalnya jenis batu bacan yang masih muda dan masih belum jadi, biasanya harganya lebih terjangkau. Dengan cara proses pembuatan yang benar dan tepat bisa membuat batu yang semula masih banyak mengandung zat kapur bisa mengkristal secara alami.

Untuk memproses batu agar cepat mengkristal bisa dilakukan cara berikut ini :

  1. Melakukan penggosokan pada batu scara teratur menggunakan kulit atau klaras pisang (daun pisang kering) dan bisa dilakukan saat waktu senggang.
  2. Lakukan perendaman dengan air hujan atau cairan isotonik selama semalaman. Keesokan harinya angkat dan jemur lakukan sekita jam 10 sampai 11 siang.
  3. Kemudian gogok dengan kain lembut dan amati setelah batu mulai mendingin apa ada perubahan warna atau tidak.
  4. Jika belum bisa lakukan perendaman ulang dan jemur, tapi jangan terlalu lama lalu lap menggunakan kain halus.
  5. Biasanya batu yang masih mengandung zat kapur akan tampak zat kapur di bagian permukaan batu.


Apalagi dalam kondisi bahan batu bacan yang basah, karena batu ini hampir semuanya terlihat sama bagus jika dilihat. Oleh karena itu jika anda membeli bahan bacan secara online lebih baik melalui seller yang sudah terpercaya. Atau jika anda membeli bacan secara langsung lebih baik membawa orang yang sudah berpengalaman dengan bahan bacan sebelumnya. Namun yang bisa kita lihat sendiri dari bongkahan batu bacan yang berkualitas baik adalah:

Cara agar Batu Akik mengkilap - Batu Akik Bacan

1. Berat batu

Bongkahan batu bacan yang bagus biasanya lebih berat karena bongkahan tersebut padat. Bahan yang padat tidak muda hancur ketika digosok, maka jika ada bahan yang bisa menjadi perbandingan, coba bandingkan satu dengan yang lain. Jika perlu pakai timbangan.

Baca juga: Khasiat Batu Mulia (AKIK) yang perlu diketahui

2.Warna batu

Warna pada bahan bacan biasanya yang paling sering membuat kita terkecoh. Banyak orang yang langsung tertarik dengan warna bacan yang hijaunya cerah, apalagi baru diangkat dari air kemudian disenter dan batu tembus. Namun tidak demikian, bahan yang bagus biasanya memiliki warna yang sedikit lebih gelap walaupun sama sama hijau. dan jika banyak warna hitamnya bahan tersebut bisa menjadi pilihan. Karena bongkahan bacan hitam juga lebih padat, selain itu warna hitam pada bacan bisa berubah menjadi hijau. Dan untuk yang ingin membeli bahan bacan sebaiknya jika bacan terendam di air maka coba keluarkan dulu lalu tunggu sampai kering. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan andalan para Pecinta batu yaitu senter. Gunakan senter tidak hanya untuk melihat translucent batu namun perhatikan juga apakah ada crack pada pinggir batu atau bahkan ditengah. Karena anda pasti tidak mau bahan yang hanya mulus diluarnya saja.

Batu bacan yang sudah kering di poles dengan kulit agar kandungan zat yang keluar dan menempel benar-banar hilang, untuk lebih meyakinkan ulangi terus pemolesan sampai +/-3 hari.

Lakukan pemanasan Batu Bacan, pemanasan sampai suhu max 80 derajat C. Pemanasan dapat menggunakan berbagai alat pemanas seperti: Rice Cooker, Coffee Maker, Hair Dryer, Setrika dan menjemur dibawah sinar matahari pagi.

Pemanasan ini bertujuan merubah warna batu dari hitam menjadi biru dan warnanya merata keseluruhan. Untuk mencapai hasil yang diinginkan dibutuhkan waktu dan proses berkali-kali dan cukup lama sehingga dibutuhkan kesabaran untuk melakukannya.

Bila warna batu sudah berubah menjadi biru karena proses pemanasan selanjutnya direndam dengan air dingin hingga batu bacan berubah menjadi kristal. Pada proses ini apabila dalam batu masih mengandung kapur atau bercak hitam maka kapur tersebut akan naik dan berada di permukaan sehingga diperlukan penggosokan ulang pada batu untuk menghilangkan kapur tadi dan membuat batu bersih dan kristal. Lakukan proses ini berulang-ulang sampai batu bacan benar-benar bersih dan mengkristal secara sempurna.

Sebagai catatan, cara mempercepat proses Batu Bacan menjadi kristal di atas mungkin hasilnya tidak sesuai dengan yang anda praktekkan. Hal ini bisa saja disebabkan rangkaian tahapan proses tidak dijalankan secara sempurna, misalnya masih terdapat kandungan air saat batu dipanaskan dan lain-lain yang menyebabkan batu menjadi rusak. Anda juga bisa menggunakan cara dibawah ini:

1. Olesi dengan Minyak Zaitun

Untuk mempercantik batu akik bacan Anda, bisa dengan tritmen khusus untuk batu bacan. Anda bisa mengolesi minyak zaitun pada permukaan batu akik tersebut. Fungsinya adalah untuk menjaga batu agar tetap mengkilap. Caranya yaitu dengan meneteskan minyak zaitun pada kain yang halus lalu kemudian digosokkan pada batu bacan secara perlahan-lahan.

2. Simpan pada tempat Terbuka

Untuk pehobi batu akik pemula tak jarang ada yang salah kaprah dengan menyimpan batu akik jenis bacan pada sebuah kotak khusus. Ini adalah cara yang salah, jangan pernah menyimpan batu bacan yang masih dalam proses pengkristalan dalam sebuah kotak. Menyimpan batu bacan dalam sebuah kotak hanya akan menghambat proses pengkristalan batu bacan tersebut. Lebih ideal bila disimpan di tempat yang terbuka.

3. Jaukan dari Benturan

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya benturan, sebaiknya ketika tidur batu tersebut dilepas saja atau tidak dipakai. Karena jika terjadi benturan dengan benda keras, dan terjadi goresan akan sangat sulit untuk menghilangkannya dan tentu saja mengurangi nilai keindahan serta harga jualnya pun akan semakin menurun.

4. Selalu digunakan

Meskipun cara ini cara yang sederhana, namun cara ini sampai saat ini masih dianggap yang paling baik dan natural. Cara perawatan dengan digunakan setiap hari sebenarnya adalah memanfaatkan suhu yang ada dari si pemakai itu sendiri.

6. Bawa Ke Tukang Akik

Jika Anda merasa belum bisa merawat dengan baik dan benar atau pun mungkin Anda repot dan tidak bisa merawatnya, lebih baik Anda minta tolong pada tukang poles akik kepercayaan Anda untuk merawatnya. Sayang sekali jika Anda memiliki batu bacan namun kurang maksimal merawatnya. Disarankan Anda pilih tukang poles batu akik yang benar-benar sudah ahli dan reputasinya bisa dipertanggungjawabkan.

7. Direndam dan Dijemur

Cara ini dilakukan untuk merekayasa suhu untuk mempercepat pengkristalan batu bacan. Cara yang sering dilakukan adalah dengan memasukkan batu bacan pada sebuah toples yang berisi air sampai benar-benar tenggelam. Setelah itu taruh toples tersebut pada tempat yang langsung terkena sinar matahari.

Perhatikan air, jika air habis dan berwarna tidak bening, segera ganti dengan yang baru. Proses ini bisa cukup satu atau dua hari, namun ada juga yang memerlukan waktu satu bulan bahkan lebih. Lakukan ini sampai batu bacan bersih dan plong mengkristal.

Nah begitu cara kami dari NajaGroup membagikan Tips Poles Batu Akik khususnya Batu Bacan agar cepat mengkristal dan mengkilap, semoga dengan anda membaca Tips diatas memudahkan untuk merawat batu kesayangan anda, salam Pecinta Batu Akik. Semoga bermanfaat...

Baca juga: Jenis batu Akik dan cara mengetahui keaslian batu Akik

Pencarian terkait:

Batu akik bacan, cara mengkilapkan batu akik, tips mencari batu akik yang bgaus, bahan batu akik bacan doko, batu akik terbagus. cara mengkristal batu akik dengan cepat.

Pencarian terkait:

Cara batu akik mengkilap:

  • cara batu cincin mengkilap
  • cara membuat batu akik mengkilap
  • cara membuat batu akik mengkilap alami
  • cara membuat batu akik mengkilap seperti kristal
  • cara merawat batu akik mengkilap
  • cara batu akik bisa mengkilap
  • cara membikin batu akik mengkilap
  • cara membuat batu akik mengkilap dengan bambu
  • cara membuat batu akik mengkilap secara alami
  • cara membuat batu akik mengkilap youtube
  • cara membuat batu akik mengkilap sempurna
  • cara memoles batu akik mengkilap
  • cara membuat batu akik mengkilap permanen
Batu akik Bacan:

  • batu akik bacan
  • batu akik bacan doko
  • batu akik bacan palamea
  • batu akik bacan garut
  • batu akik bacan obi
  • batu akik bacan hitam
  • batu akik bacan kembang
  • batu akik bacan doko biru
  • batu akik bacan elektrik
  • batu akik bacan cincau
  • batu akik bacan gulau
  • batu akik bacan super
  • batu akik bacan doko super
  • batu akik bacan putih
  • batu akik bacan halmahera
  • batu akik bacan doko kristal
  • batu akik bacan asli
  • batu akik bacan hijau
  • batu akik bacan kristal
  • batu akik bacan termahal
  • batu akik bacan obi merah