Cara Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah

NAJABAGUS.COM - Bagi anda yang tidak berkeinginan ataupun tidak puas dengan pelayanan jasa servis motor yang belum maksimal, disini kami admin akan berusaha memberikan ulasan kepada anda Cara Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah. Dari pada ke bengkel atau yang lagi belajar Mbengkel untuk mendalami mesin sepeda motor bebek dan cara memperbaiki sendiri sepeda motor. Jangan ragu untuk anda yang sedang belajar, namanya juga orang belajar sukses tidaknya tergantung anda.

Tentunya kami mendapatkan ulasan tersebut dari orang yang memang ahli dalam hal Servis yang propesional, karena kami mendapatkan informasi ini dari teman kami yang bekerja di Pelayanan Servis Sepeda Motor.

Perlu anda ketahui, kami diberikan Rahasia dari teman kami tersebut Urutan Cara Bongkar Mesin Sendiri dirumah. Servis Sepeda Motor dirumah tentunya membuat anda tidak kehilangan Budget untuk membayar jasa Pelayanan Servis. Untuk hasil maksimal atau tidak tergantung dari Ketlatenan anda dalam Servis sepeda motor anda. 

Langsung saja anda simak baik-baik Tips Cara Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah dengan baik-baik: 

1. Perlengkapan yang Perlu anda siapkan dalam Cara Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah:

  1. Siapkan  alat-alatnya terlebih dahulu, jangan lupa sediakan juga Minuman air putih.
  2. Kunci-kunci Standar yang memang dianggap perlu.
  3. Kunci-kunci Khusus seperti: Tracker Magnit & Tracker Kopling
  4. Bak atau Wadah berukuran kecil saja, sediakan 3Pcs. Berfungsi untuk tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas dan bagian tengah-kanan.
  5. Bak atau Wadah berukuran sedang sebanyak 4Pcs. Berfungsi tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri, atas, kanan dan tengah.
  6. Bensin secukupnya untuk nyuci komponen mesin (sediakan 1/5  liter Bensin eceran saja)
  7. Lap secukupnya untuk ngelap tangan anda yang kotor dan komponen mesin.
  8. Balok kayu penyangga mesin untuk mesin yang sudah diturunkan.
  9. Kompresor, untuk mengeringkan komponen yang udah di bersihkan pakai Bensin.

Cara Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah

2. Proses Cara Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah dilakukan Secara Berurutan:

1. Mesin bagian kiri, komponennya antara lain:

  • Blok magnit, magnit, gear stater, rante stater.

2. Mesin bagian atas, komponennya antara lain:

  • Rantai keteng, vhead cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston(sekher), blok silinder.

3. Mesin bagian kanan, komponennya anatara lain:

  • Blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set.

4. Mesin bagian tengah, komponennya antara lain:

  • Gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher (piston).


Jangan lupa anda kumpulkan baut-baut dan komponen-komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya, yang sudah anda persiapkan perlengkapanya (sudah kami tulis diatas), agar pada saat pemasangan kembali tidak salah.

Setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, bila perlu anda catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda juga. Lakukan perbaikan atau anda ganti sparpart yang rusak.


3. Beberapa item part yang wajib di ganti ketika Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah:

  1. Gasket kit A ( paking top set )
  2. Gasket kit B ( paking full set )
  3. Oil seal selah
  4. Oil seal operan / persnelling
  5. Oil seal gear
  6. Oli mesin 1 liter, bila dirasa masih bagus anda tempatkan Oli pada Bak yang bersih. kemudian dapat anda gunakan lagi.

Pastika semua komponen mesin bersih, karena Kebersihan dalam Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah adalah faktor Penting dalam proses bongkar mesin.
Lakukan proses Perakitan secara berurutan pula, tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari "Tengah – Kanan – Atas – Kiri".
Setelah semua mesin terpasang, jangan lupa lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok – blok mesin. Jika sudah tidak ada kebocoran berarti Cara Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah sudah berhasil. Jangan sampai anda dapat Membongkar tapi tidak bisa Pasang, Terima Bongkar tidak Terima Pasang donk, hehehe. Kalo begini ongkos Bongkar pasang mesin GRATIS! Karena anda sendiri yang mengerjakan, kalo di kerjakan di bengkel Resmi  / bengkel Umum kisaran harganya kurang lebih Rp. 150.000,-.

Demikian Rahasia Cara Servis Sepeda Motor Bongkar Mesin Sendiri dirumah yang dapat kami ulaskan untuk anda, semoga sukses. Terimakasih.