Tips Naja Grup mencerahkan kaca mika Motor/Mobil pecah-pecah terkena sinar matahari

Tags


Anda pernah ga merasakan kulit perih saat sinar matahari menyerang kulit. Atau debu serta asap jalanan yang membuat badan kusam. Jika menyerang secara terus menerus…percayalah, wajah sampeyan yang ayu dan ganteng bakal luntur tidak berbekas. Semua yang serba berkelebihan memang tidak bagus. Itulah gambaran ganasnya cuaca bagi seluruh unsur dimuka bumi ini. Begitu juga terhadap tunggangan/motor kita…..
Sekedar share dan menaggapi apa yang ditanyakan teman saya kemarin,,,?!
“Mas bro. Saya ada masalah tentang vario saya. Kenapa kaca spidometernya pecah-pecah terkena sinar matahari. Honda vario yang saya pakai ini kaca mikanya kusam pecah-pecah, padahal motor jarang di pakai jauh. Pemakaian hanya pulang pergi dari kantor ke rumah dan motor ini tidak pernah jatuh. Namun memang parkiran di kantor saya areanya terbuka. Mohon penjelasan dan solusinya mas bro…”
Sekedar berbagi pengalaman saja ya Mas/Mbak, terlepas dari kualitas komponen yang mungkin tidak setebal dan sesolid dulu, apapun merk motornya memang tidak akan tahan jika terkena paparan sinar matahari langsung secara terus menerus. Ketika sinar menerjang permukaan mika…maka komponen tersebut akan memuai. Suhu panas memaksa part melar dan  kembali mengkerut seiring hilangnya cahaya matahari. Semua semakin parah jika disela terjangan cuaca panas….tiba-tiba berganti mendung dibarengi guyuran air hujan. Jadi…memuai-mengkerut, memuai-mengkerut…memuai-mengkerut berulang-ulan mas bro. Tidak heran jendela atau rel kereta api diberi celah supaya proses tidak merusak material. Lha ini…..dalam jangka waktu panjang dan konsisten….proses dipastikan membuat mika mengalami stres dan ujung-ujungnya “crack” atau retak seperti yang dialami teman saya ini….
Emmmm, mungkin ini saran saya saja, silahkan disimak. Pertama sebisa mungkin tunggangan ditutupi karton atau kardus jika parkiran terbuka  tidak tertup apapun. Hal ini untuk melindungi badan motor dari paparan sinar matahari langsung. Merepotkan sih…tapi demi proteksi jangka panjang, cukup disayangkan karena seluruh kejadian tidak akan bisa diklaim kepabrikan. dari kerusakan tidak masuk dalam garansi yang ditanggung Honda. Jadi…mencegah lebih baik ketimbang memperbaiki.,,:D
Cara praktis dan efisien mengembalikan kaca mika motor maupun mobil yang kusam tanpa membeli alat  atau media yang mahal…

1. Ambil kain yang cukup bersih
2. Ambil Oli yang masih baru secukupnya
3. Gosokan dengan perlahan dan terus menurus pada bagian kaca mika yang kusam tersebut
4. Liat deh hasilnya…:D

Oke, mungkin cukup sekian saja. Semoga bermanfaat…:*