Belajar Jumper HP Samsung Duos

NAJABAGUS.COM - Bagi seorang teknisi mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya trik Jumper namun untuk Orang yang sedang belajar, Khususnya saya ini ya mas berow, mungkin sangtlah ribet dan merasa tidak snggup untuk melakukan hal ini. Kita belajar hp Istilah jumper akan sering di di dengar seiring banyak nya Hp yang di service yang dia kelola, sejarah singkat tentang ilmu jumper yang telah diberikan kepada saya oleh"sebut saja namanya MR. X gitu ya", memang awalnya sangat sulit, namun dengan terbiasa menjadi cukup mudah

langsung saja pengertian dari JUMPER. Pada Dasarnya Jumper berasal dari kata Jump yang artinya melompat melompat pada hp di maksudkan melewati atau melompatkan tegangan tidak ke jalur yang aslinya guna mendapatkan tegangan atau sinyal-sinyal yang di butuhkan dalam teknis sistem kerja hp

Teknik trik Jumper sudah lama sekali di gunakan oleh dunia service hp, begitu pun saya.
beberapa Type Hp bahkan sudah di buatkan trik jumper nya di karenakan sering nya masalah jalur yang hampir selalu bermasalah pada lokasi tersebut, Terutama pada jalur HP yang bertegangan tinggi seperti jalur lampu LCD yang mengeluarkan Tegangan lebih besar dari Tegangan baterai HP itu sendiri ( karena output inverter IC lampu ).

Belajar Jumper HP Samsung Duos
Samsung S3312 duos SIM card
Dalam kasus kerusakan hp Trik jumper Bisa mendominasi perbaikan 60% di bandingkan penggantian sparepart hp.
mudah.

Contoh Kasus Pada permasalahan HP yang tidak bisa baca sim, Pada kasus HP tidak bisa baca sim lebih sering di gunakan teknik jumper dalam penyelesaian nya, IC emif yang memiliki tugas sebagai penghubung sim card dengan MCU  lebih sering di Jumper di bandingkan di ganti, Jumper lebih menguntungkan di bandingkan dengan mengganti IC emif Simcard tersebut, Menjumper IC sim card ( emif ) membuat para teknisi lebih yakin karena Jalur yang menghubungkan SIM ke MCU lebih pasti Terhubung, Sedangkan jika di lakukan Penggantian IC sim masih ada beberapa keraguan seperti IC rusak, Pemasangan IC tidak pas, dan Lain sebagai nya.

Contoh kasus yang di gunakan Teknik Jumper misalnya Permasalahan jalur yang hilang karena hilang nya jalur yang di sebabkan oleh Short tegangan besar ( Jalur gosong dan hilang ), Tenik jumper di sini sangat lah penting. Jumper bisa di lakukan dengan melihat atau mengacu ke bagian Skematik, Pada skematik bisa si lihat jalur-jalur PWB Tersebut mengarah kemana ?? Jika sudah di temukan jalur tersebut maka di lakukanlah penjumperan. COntoh Masalah No Charging ( No Respone If INsert Charger unit ), Pada kasus ini sering sekali di akibatkan oleh jalur dan sikring ( fuse ) hp. Maka solusi nya dengan menyambungkan tiap titik Fuse Tersebut.

Trik Jumper juga sering di Gunakan untuk mengambil Tegangan yang sama dari sumber tegangan lain. Misal Nya Vcore seharus nya mendapatkan tegangan 1.8v namun pada saat di lakukan pengukuran ternyata titik Tersebut tidak memiliki sama sekali tegangan, Maka di lakukan lah penjumperan ke titik yang memiliki tegangan 1.8v Demi mensuplay tegangan kerja yang di butuhkan. ( Syarat tegangan kerja yang di ambil harus  sama seperti yang di haruskan / di butuhkan).

Mungkin itu saja yang bisa kami ulas mengenai Sekilas Trik Jumper yang perlu anda ketahui Jika mau Menjadi teknisi HP ataupun hanya ingin mencoba memperbaiki HP milik pribadi.

Saya dedikasikan kepada MR. X yang telah memberikan ilmunya kepada saya, semoga saya juga bisa bermanfaat bagi yang lain...:)

NB:
Alat yang perlu kita persiapkan dalam menjumper HP:
1. Cairan Flux
2. Solder dan timah secukupnya
3. Kabel Jumper secukupnya
4. Blower solder hot air/solder uap