Cara Membeli Motor Bekas yang Berkualitas dan Istimewa - Tips Naja Grup

NAJABAGUS.COM - Pada kesempatan kali ini kami admin akan berbagi untuk anda Tips Membeli Motor Bekas yang Berkualitas dan Istimewa. Sekedar share saja, kita tahu jual-beli motor sangat riskan dengan penipuan, namun jika kita pintar dalam melilih maupun mencari sumber terpercaya dari si penjual motor, kemungkinan besar kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Sesuai dengan hukum pasar bila lebih banyak permintaan daripada penawaran maka barang menjadi langka atau mahal harganya. 

Begitupun halnya dengan sepeda motor, seiring dengan banyaknya orang yang ingin memiliki sepeda motor maka penawaran dan hargapun akan mengalami peningkatan . Bila kurang teliti dalam memilih bisa - bisa anda akan menyesal di kemudian hari karena salah pilih dalam membeli motor second.

Untuk itu Naja Grup ingin berbagi tips, bagaimana membeli motor bekas,  tapi tips umum lho ya, soalnya kalau masalah mesin memang rada susah, karena memang posisinya di dalam blok motor dan biasanya kita main feeling.

Banyak orang yang tertipu melihat penampilan sepeda motor bagian luarnya yang mentereng dan kinclong tanpa memperhatikan hal- hal lainnya seperti mesin, surat- surat serta sasis bagian dalam apakah masih mulus atau sudah berkarat. Nah agar anda tidak tertipu dengan hal-hal seperti disebutkan di atas maka dalam Membeli Motor Bekas atau Second agar diperhatikan
hal- hal sebagai berikut:

1. Cek Harga yang berlaku di Pasaran

Biasanya koran pagi seperti Pos Kota selalu mengiklankan motor / mobil yang akan dijual baik baru maupun bekas, ada baiknya Anda membaca sejenak untuk mengetahui kisaran harga sepeda motor bekas yang akan dibeli . Atau Anda bisa juga mencari melalui fasilitas internet seperti Google , Yahoo dan lain- lain atau yg populer adalah situs olx.com.

Hal ini untuk mencegah membeli dengan harga yang terlalu tinggi dari harga pasaran atau bila harga yang ditawarkan terlalu rendah maka patut dicurigai dan anda harus lebih teliti dan berhati - hati.

Cara Membeli Motor Bekas yang Berkualitas dan Istimewa - Tips Naja Grup


2. Cek dan teliti kesamaan nomor rangka dan mesinbmotor dengan STNK dan BPKB

Hal lain yang juga perlu diperhatikan ketika membeli sepeda motor bekas adalah memeriksa kembali kecocokan nomor mesin dan nomor rangka dengan yang tertera di STNK dan BPKB, Jangan terkecoh dahulu dengan nomor yang sama karena di beberapa kasus ternyata nomor mesin bukan asli alias hasil ketokan ulang oleh oknum penadah pencurian sepeda motor.

Anda bisa minta bantuan mekanik atau orang yang mengerti tentang hal ini untuk memastikan nomor mesin tersebut asli atau tidak, sebaiknya anda membeli dari orang yang bisa dipercaya.

Bisa juga cek nomor polisi via sms. Caranya ketik Metro (spasi) nomor polisi (untuk wilayah jakarta) Terus kirim ke 1717.

Contoh : Metro B1234HJ

Nanti anda akan menerima balasan Sms sbb:

NOPOL: XXXX

JENIS: XXX > …. cc

MEREK:XXXX

WARNA: XXXXX

TAHUN:XXXX

SNTK YAD: DD-MM-YYYY

3.Periksa kondisi fisik sepeda motor

Kondisi fisik sangat mempengaruhi harga sebuah sepeda motor , semakin baik kondisinya maka harganyapun akan semakin mahal . Periksa juga bagian - bagian lain yang bisa mengindikasikan sepeda motor tersebut pernah jatuh atau bergesekan seperti kaca spion, pedal, handle belakang jok dan lain-lain.  Bila perlu pastikan bahwa bagian -bagian pada sepeda motor adalah asli dan belum pernah diganti .

4. Periksa kondisi mesin dan oli motor

Banyak orang tertipu dengan suara mesin yang halus, hal ini bisa diakali dengan mengisi mesin dengan oli secara berlebihan atau dengan jenis oli yang bukan peruntukannya misalnya dengan kekentalan yang lebih.

Karena hal tersebut bisa membuat suara mesin yang terdengan kasar dan berisik bisa mnjadi halus…malah ada kasus, didalam tempat oli dimasukin pisang ( pernah denger belum ) tekstur pisang yg menjadi lembut setelah melebur dan bercampur oli akan membantu meredam suara gesekan mesin, ini bukan ngajarin lho, dont try this at home.

5. Periksa speedometer apakah masih berfungsi

Bila speedometer masih berfungsi dengan baik dan belum pernah dibongkar, maka lihatlah pada angka penunjuk akumulasi jarak yang tertera pada speedometer tersebut. Bila sudah melebihi 20. 000 km itu tandanya komponen pada bagian mesin sudah banyak yang harus diganti.

Hal ini perlu Anda pikirkan karena akan mengeluarkan dana yang cukup besar bila harus mengganti bagian- bagian pada mesin motor tersebut, kasus ini pernah kami alami saat dulu membeli Sepeda Motor Honda Tiger, kilometer sudah 35 ribuan.

Jadi sampai rumah, langsung masuk bengkel buat turun mesin, tapi waktu itu memang sudah diperhitungkan, ketika itu memang harganya dibawah standar.

6. Hidupkan mesin sepeda motor

Untuk memastikan mesin sepeda motor masih dalam kondisi baik Anda perlu menghidupkannya dan memperhatikan suara mesin apakah masih halus atau sudah kasar, untuk mesin 4 tak tidak boleh ada asap yang keluar dari knalpot, kalo ada bisa dipastikan akan turun mesin. Karena pasti ada kebocoran, bisa terdapat pada klep atau piston/sekher.

Bila ada indikator RPM pada bagian dashboard perhatikan apakah mesin masih tetap menyala dengan RPM dibawah 1500 ( stationer/langsam ). Jika hal- hal tersebut masih baik maka dapat dipastikan mesin sepeda motor masih dalam kondisi baik.

7. Jalankan sepeda motor dan teliti saat perpindahan gigi

Setelah memperhatikan suara mesin saat dihidupkan maka langkah selanjutnya test drive dengan menjalankan sepeda motor dan memperhatikan saat perpindahan gigi apakah mudah saat dipindah atau keras, hal ini untuk memeriksa plat kopling karena bila masih dalam kondisi baik maka perpindahan gigi akan mudah.

8. Periksa sasis atau rangka sepeda motor dari kebengkokan

Disamping memeriksa fisik dari kondisi bekas tergores atau jatuh maka hal yang perlu diperhatikan adalah memeriksa bagian sasis atau rangka sepeda motor apakah masih lurus, sudah bengkok atau pernah di press ulang . Anda bisa melihat posisi roda depan dengan roda belakang apakah masih sejajar atau tidak ( center ).

Jalankan sepeda motor pada kecepatan sekitar 40km / jam kemudian rem dengan sedikit mendadak dan perhatikan apakah sepeda motor masih stabil untuk dikendalikan atau tidak. Hal ini sangat berguna untuk keamanan Anda saaat berkendara.

9. Periksa kebocoran mesin

Mesin yang baik adalah yang kering dan tidak ada rembesan oli yang keluar dari sambungan mesin . Untuk itu setelah melakukan test drive yang agak lama perhatikan sambungan mesin apakah ada kebocoran atau tidak, biasanya kalau mesin sering di bongkar pasang ,maka pasti ada rembesan oli pada paking. Bila mesin masih tetap kering itu artinya masih dalam kondisi baik, perhatihan juga baut-baut di sambungan mesin, apakah masih utuh atau sudah ada yg dol / ilang.

10. Periksa lampu,  klakson, stater, kelistrikan dan aki

Selain kondisi mesin yang masih baik hal yang tidak kalah pentingnya adalah kelengkapan lampu seperti lampu utama depan jauh dekat , lampu sen , lampu rem, lampu malam serta lampu – lampu yang ada pada bagian dashboard speedometer. Klakson serta stater bila masih berfungsi dengan baik itu berarti aki masih dalam kondisi baik.

Tapi tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali kondisi aki untuk memastikan air aki tidak kurang dan pelindung kabel positif masih baik. Dalam beberapa kasus, motor di starter tidak mau hidup, padahal aki bagus, itu berarti gotri pada bagian starter sudah aus, bagian ini berhubungan dengan dinamo penggerak..bisa juga dinamonya yg rusak.

Bila tips-tips tersebut dicek baik maka bisa dipastikan sepeda motor yang akan anda beli masih dalam kondisi baik. Sebaiknya anda dalam membeli sepeda motor bekas ditemani oleh teman atau (Kir Master) yg tahu tentang mesin motor. Terimakasih semoga bermanfaat.

NB:

  1. Datang langsung saja ke Penjual, misalkan lewat maklar. Cari sumber yang terpercaya, jangan-jangan mereka kong kalikong.
  2. Belilah kualitas mesin, bukan sumber motor lokal atau luar lokal. Kalau yang luar lokal mesin OKE. Dibeli saja, banyak motor lokal yang sudah oplosan dan kurang baik.