Cara Budidaya atau Berternak Kenari

Cara Budidaya atau Berternak Kenari - Cara Budidaya atau Berternak Kenari yang mudah dipelajari sangat banyak tersebar. Lalu apa saja yang dapat dijadikan patokan agar budidaya kenari kita menjadi lancar dan baik? Berikut tipsnya.


1. Usia kenari

Usia yang baik untuk budidaya kenari adalah tidak muda tetapi juga tidak tua, jadi pilihlah kenari dengan usia ternak minimal 6 bulan untuk kenari jenis betina dan 8 bulan untuk kenari jenis jantan. Tetapi untuk kenari jenis Yorkshire dan turunannya minimal usia adalah 1 tahun. Hal ini harus diperhatikan karena usia menjadi faktor penentu berhasil atau tidaknya usaha dalam beternak.

Cara Budidaya atau Berternak Kenari
Taken from Google Image
2. Jenis kelamin

Bagi senior memang mudah untuk mengetahui jenis kelamin dari masing-masing burung kenari, seperti budidaya kenari af misalnya. Tetapi bagi pemula mereka harus cerdas dalam meniliti si burung kenari ini, misalnya saja seperti postur tubuh masing-masing jenis kelamin burung, warna bulu burung, dan lainnya.

Budidaya atau ternak burung Kenari juga harus memperhatikan sarana penunjang seperti lingkungan kandang, dimana kandang tersebut harus terbebas dari jangkrik, semut, atau hewan lainnya yang dapat membantu tumbuh kembang dari burung kenari itu sendiri.

  • Budidaya Kenari AF
Seperti yang kita tahu, dalam budidaya kenari  terdapat burung kenari yang memang tidak cocok dengan semut atau jangkrik. Dan jika tidak hati-hati maka yang terjadi adalah burung tersebut akan terkena stres dan ini tidak baik bagi proses tumbuh dan kembangnya. Sarana penunjang lainnya yang tidak kalah penting yaitu proses penjodohan.

  • Budidaya kenari koloni
Dalam suatu budidaya kenari koloni semisalnya, kita tidak boleh asal menjodohkan, takutnya hasil yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jika kita memang sudah memiliki sepasang kenari yang sudah siap usia ternak, kita dapat bertahap ke penjodohan tersebut.


3. Dengan mendekatkan sarang Kenari 

Kenari betina dengan sarang kenari jantan. Kenali dengan baik perubahan, jika mereka malah saling bertengkar artinya mereka belum siap dijodohkan, tetapi jika dilihat mereka saling mendekat maka silahkan masukkan kedua burung tersebut dalam satu sangkar yang sama.

Budidaya Kenari Untuk Pemula

Diatas adalah sedikit cara yang dapat diambil apabila kita ingin mengembang biakkan kenari mau itu budidaya kenari jenis apapun. Budidaya Kenari untuk pemula memang agak membingungkan, tetapi kita harus tetap berusaha untuk belajar dengan benar Cara Budidaya atau Berternak Kenari. Jika anda penggemar Burung Anis Merah anda bisa mencari dalam blog ini.